Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ngobrol bareng God Save The Gigs.


"God Save The Gigs adalah gigs/pertunjukan musik yang di kelola secara kolektif oleh kawan-kawan di Klaten. Gigs ini sudah 2 kali diadakan di tempat yang sama. Saya termasuk orang yang telat mengenal kawan-kawan di kolektif ini, karena baru di edisi kedua saya bisa main, bersua, ngobrol bareng mereka. Tetapi tak apa, tak ada kata terlambat untuk menambah jaringan perteman baru. Pada kesempatan kali ini saya akan ngobrol-ngobrol dengan beberapa kawan yang bisa dibilang aktif mengorganisir gigs ini."

Halo, bagaimana kabarnya? Boleh lah kenalin diri kalian dulu untuk pemanasan.
    Hallo nama saya fandi muhamad , Nama panggilan abends. Saya asli klaten dan lahir diklaten.

Bisa ceritain bagaimana awal mula kolektif ini terbentuk?
    Awal memulai terbentuk gigs ini karena sebuah keinginan kita untuk berkumpul , srawung , dan band bandan bareng dalam satu acara yang hangat sih sebenarnya. Selain itu di tahun 2017 event gigs sangat minim , bisa dibilang juga ada tapi selalu sepi. Kita juga sedikit miris tentang kurangnya edukasi dalam bermusik. Selain itu mungkin banyak orang yang berspekulasi dalam event gigs lebih ke chaos , geng gengan ataupun tempat adu jotos. Nah maka dari itu kita ingin mengubah mindset orang orang tidak selamanya dalam bergigs-gigsan itu buruk. Setiap tindakan itu ada efek positif dan negatif. Dan perlu kita ketahui jangan melihat orang dari pakaiannya.

Kenapa memakai nama God Save The Gigs? Apakah ini plesetan dari judul lagu kebangsaan Inggris? Seperti Sex Pistols, yang mengubah isi lirik pada judul lagu tsb.
    Sebenarnya untuk memakai nama tersebut kita sudah cukup lama untuk memikirkan sebuah nama. Yups benar kita memplesetkan dari lagu sex pistols. Karena kekhawatiran kita akan skena gigs di klaten maka kita menggunakan nama God Save The Gigs.

Gigs ini sudah dua kali diadakan, kenapa diadakan di tempat yang sama?
    Kepikiran CBGB OMFUG ! Karena suatu saat kita akan hafal dan terkenang dengan tempat yang sama dan banyak band yang berbeda.

Dalam waktu dekat ini kalian akan menyelenggarakan gigs ini lagi ya? Kapan sih?
    Bener banget. Kita akan mengadakan gigs lagi di hari Sabtu tanggal 28 Juli 2018

Apakah ada perbedaan konsep dari gigs edisi pertama, kedua dan ketiga ini?
    Setiap edisi kita bakalan membuat sebuah artwork , dan tema yang berbeda , dan mungkin bakalan ada teman2 band dari luar kota yang masuk. Jadi mungkin setiap edisi bakalan ada yang berbeda.

Adakah syarat untuk band yang mau main di gigs ini?
    Ada ! Syaratnya punya band.

Kenapa memutuskan untuk menaikkan harga tiket masuk?
    Karena pihak penyedia tempat meminta persenan dari setiap tiket masuk , jadi uang tiket full untuk sewa alat dan tempat. Dari edisi kemaren syukur kita bisa menutup event dari tiket masuk dan kolektif dari teman teman yang main.

Bagaimana cara mensupport kolektif GSTG, semisal ada kawan yang tidak bisa datang ke gigs?
    Gampang teman2 bisa membeli merchandisenya. Semoga edisi selanjutnya kita bisa membuat zine , dan video dokumentasi yang akan kita bagikan gratis dan bebas disebar luaskan.

Jika GSTG selanjutnya ada yang mau mensponsori? dan dibuat di venue yang lebih gede, apakah kalian setuju?
    Ini jawaban sulit sih sebenarnya. Jadi GSTG lebih semacam media , media berkumpulnya teman teman band dari semua skena tanpa terkecuali. Kita lebih mengutamakan "srawung" dan menambah pertemanan. Venue untuk saat ini sudah cukup sih. Karena kita bakal merasakan terbakar dalam band bandan dan kita jadi erat dalam pertemanan. Yang pasti pertemanan dan srawung itu lebih tiada duanya sih. Jadi GSTG akan tetap seperti ini.

Sedikit keluar dari ranah band-band an, kegiatan kawan-kawan selain ngeband?
    Selain ngeband saya nyablon , menggambar dan jagongan hahaha.

Suka baca buku dan diskusi?
    Saya masih dibilang newbie dalam membaca. Diskusi saya suka mendengarkan dan ketika saya tidak tahu apa yang didiskusikan saya akan bertanya lalu mencari dan membacanya dirumah

Mendukung Papua Merdeka/ tetap menjadi bagian dari Indonesia? alasannya?
    Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia sih menurut saya. Semoga saja keadilan di negeri kita bakal tercapai. Semoga..

Kembali ke pokok bahasan awal deh, nanti malah melebar jauh, hahaha.. tak bisa dipungkiri GSTG bukan satu2nya kolektif yg ada di Klaten, bagaimana hubungan kalian dengan teman-teman kolektif yang lain?
    Baik , kita sering berjejaring dan srawung.

Kasih tips untuk kawan-kawan yang juga mengelola kolektif secara mandiri seperti kalian?
    Tetap semangat ,jaga komunikasi dan tetap menuangkan kegelisahan.

Harapan kedepan untuk GSTG?
    Semoga semakin menjadi ruang khususnya musik di Klaten dan sekitarnya , diluar musik (seni lainya) sambil di gass tipis tipis.

Pesan untuk kawan-kawan yang baca obrolan ini?
    Semoga obrolan ini bermanfaat ,sukur sukur kalau di amalkan. Hehe..

Semoga lancar dan jalan untuk kolektif ini ya lur, panjang umur pertemanan.
    Amin ,panjang umur kolektif dan berbahagialah.


Baca dan download klik disini.


*Jangan menunggu orang lain menulis tentang dirimu atau skenamu, cobalah menulis tentang diri kalian sendiri atau apa yang terjadi di sekitar skena kalian. (Leluasa)

Ingin baca zine yang lainnya, teman-teman bisa klik di menu "ZINE" atau bisa klik zine lainnya.

Posting Komentar untuk "Ngobrol bareng God Save The Gigs."