Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

To Die: Menghargai Line Up Sebelumnya Ya dengan Tidak Membawakan Lagu dari Line Up Sebelumnya

Photo: Yuda Hasfari Sagala

"Komitmenku dari dulu untuk menghargai line up sebelumnya ya dengan tidak membawakan lagu dari line up sebelumnya" -Indra Menus

Salah satu unit grindcore/hc/punk/noise experimental/whatever lah~ dari Yogyakarta. Terhitung band ini sudah 24 tahun, masih aktif dan konsisten merilis karya baru. Indra Menus menjadi personil  paling lama dalam band, diperkuat oleh Rangga (Virtual Doom) pada posisi Guitar, Jono/Yossi (Hyena) pada Drum dan Bagus (Disposed) di Bass. Sedikit cerita perkenalan saya dengan To Die adalah lewat kompilasi "11 Detik Haram". Waktu itu secara tidak sengaja memutar 1 track singkat dari To Die, ketertarikan berlanjut ketika membaca interview To Die dengan Lemarikota webzine yang menunjukan banyaknya rilisan fisik dan variannya. Siapa yang kepikiran untuk merilis lagu mereka dengan packaging kandang burung? Barangkali band ini besok masuk dalam 10 band dengan rilisan paling banyak versi Majalah Rolling Stones.

Singkat cerita, saya beberapa kali berkomunikasi dengan mas Menus lewat instagram, walaupun cuman tanya-tanya soal produksi rilisan fisik. Trus ketemu di Lokaljajan, Klaten waktu tour buku Prolifik (buku kumpulan tulisan dari Indra Menus dari tahun 1999-2021).

Dari obrolan santai waktu makan soto bareng di Klaten sempet bilang kalo To Die tour bisa nih mampir ke Sukoharjo, dan di tanggal 1 Juli 2022 kemarin mereka mampir bersamaan tour dari teman-teman Tangerang, ada Hong & Toast (Punk Cinta Damai tour). Oiya, satu lagi Josnali dari Pekanbaru (Minority tour).

Langsung saja yak! saya mencoba bertanya pada mereka dengan pertanyaan yang mungkin masih banyak kurangnya dan jauh dari 5W + 1H. Ini nggak jadi masalah kan, kawan? hehehe. 

Indra Menus
J = Jono
B = Bagus
R = Rangga

Bagaimana cerita To Die formasi EP "I Wanted to Watch a Face In Agony" ini bisa terbentuk?
Indra Menus: Jadi To Die kan sempat berganti format menjadi project solo Noise ku karena cuma aku yang tersisa dari line up awal. Terus karena bosen dapet pertanyaan kok To Die udah gak format band lagi, jadinya aku pake nama panggung Indra Menus aja untuk format solo Noise. To Die format band sendiri dari dulu jarang main di panggung, fokus ke rilisan jadi kalo dibilang vakum tu terakhir masih rilis split single sama The Sensitive tahun 2020 via Heaven Punks. Tahun 2021 aku ngajakin Rangga (gitar) dan Jono (drum) buat mengaktifkan To Die untuk bikin materi baru. Udah bikin beberapa lagu tapi Jono sempat balik lama ke Kediri jadi aku ngajak Bagus yang baru pindah Jogja buat gantiin ngedrum. Ndilalah Jono balik Jogja lagi akhirnya Bagus pindah ke posisi bass.

Jono: Awal cerita sebelum sama To Die, di tahun 2019 sudah diajak duluan sama Menus buat bikin band, mainin grindcore juga, format trio terbentuk lah Hamamatsu Deaf Killer. Jadi semacam To Die tandingan, haha. Soalnya gitarisnya juga pernah di To Die dulunya, tapi ga lama bandnya jadi pasif. Di awal 2021 akhirnya dikabari sama sama Menus buat ngaktifin To Die, yang akhirnya sama Rangga, dan paling akhir ada Bagus yang akhirnya jadi yang isi di bass.

Bagus: Cerita bisa sama To Die awalnya tiba2 mas Menus DM saya via Instagram. Beliau tau dari Made Deadly Weapon kalo aku ada kesibukan di Yk. Awalnya diajakin ngisi di posisi Drum, karena emang taunya saya ngedrum, gara2 Jono ga balik2 ke Yk. Terus udah dikirimin materi2nya, nah mendekati akan latihan, dikabarin klo si Jono balik, alhasil kembali ke formasi Jono di drum dan ditawarin untuk ngebass. Kebetulan juga saya bisa dan ada equipmentnya, jadi gass deh.

Rangga: Awalnya tiba-tiba tidak ada angin tidak ada hujan Menus WA, ngajak aktifin To Die dengan format band, kupikir ngelanjutin materi lama, eh ternyata baru semua, beberapa personilnya juga baru, ya awalnya sih coba dulu, lalu karena konsep musiknya baru dan fresh, jadi tertarik deh.

Domisili tiap personil berbeda-beda, apakah ada cara/tips khusus untuk To Die?
Indra Menus: Jono itu bolak balik Yk-Kediri, Bagus antara Malang – Jogja dan masing – masing dari kami tu juga punya banyak band lain. Intinya sih saling pengertian aja, kasih info misalnya bulan depan gak bisa sama To Die karena fokus sama band lain terus nanti samain jadwal aja kira – kira kosongnya bulan apa. Dari awal juga To Die gak begitu nyari panggung maen yang lebih menyita waktu sih, lebih ke bikin rilisan.

J: Yup betul kaya yang diomongin sama Menus diatas, saling pengertian dan jangan lupa buat komunikasi yang jelas. Mungkin masih itu aja sih di waktu yang sekarang.

B: Komunikasi aja sih yang paling penting, setor jadwal masing2 hahaha.

R: Kalau saya fleksibel sih, Bagus sama Jono (Yosie) mereka juga lagi stay di Jogja saat ini, cuma kadang balik ke kotanya masing-masing, yak komunikasi yang baik mungkin biar enak ngatur kapan kudu produktif di band.

Saat ini menjadi formasi To Die yang keberapa? Masih inget ngga mas?
R: Kalau itu yang tahu pak RT-nya To Die (Menus) saya tidak tahu, hehe.

Indra Menus: asli lupa hahaha 6 lebih sih kayaknya selain yang format solo Noise

Setauku beberapa personil juga tergabung dengan band lain, seperti Rangga (Virtual Doom), Bagus (Disposed), Yossi (Hyena) trus ada lagi?
R: Setahu saya iya, Bagus dengan Grimwolf sama Laizesfaire kalau Jono main drum di Glomt, kalau menus akeh bandnya tidak bisa disebutin semua, kebanyaken.

Indra Menus: Aku sendiri aktif di Narcholocos (dan turunannya: Narchobeat), COLDVVAVE, Anamnese dan beberapa proyek Noise. 

J: aku aktif di Glomt, Hyena, Quad Magician yang mana 3 band itu berbasis di Kediri, yang Jogja To Die, sebelumnya juga di Sunlotus (Jogja), tapi di akhir 2021 cabut.

B: Bener sih, klo di Yk sekarang saya sedang aktif dengan To Die dan Sunlotus, klo di Malang sama Laissez-Faire, Disposed dan ada proyek santai baru aja Ozcub namanya.

Foto: Arsip Indra Menus

Setiap rilisan fisik To Die pasti di cetak dalam format yang berbeda-beda, bagaimana cara To Die menyakinkan pihak label untuk itu?
Indra Menus: Gak ada tips khusus sih paling ya karena kedekatan sama pihak label terutama Samstrong Records yang sudah dari dulu selalu support sama band – band ku  Thank you bos Adit Semprong. Biasanya sih aku kasih tahu nih label A mau rilis kaset, labelmu mau ga rilisin format yang beda biar punya celah pasar yang beda juga. Kadang juga kalo nemu link produksi format yang unik misalnya kayak yang terakhir ini Lathe Cut atau 3” CD bentuk bunga kan jadi lebih unik aja label-nya ngerilis format yang jarang dipakai. Aku ngelihatnya rilisan fisik itu bisa dibikin semenarik mungkin jadi juga berfungsi sebagai merchandise karena kalo mau dengerin lagunya aku pikir orang – orang sekarang lebih prefer dengerin di platform digital.

R: Diskusi yang baik adalah solusi

Apakah To Die akan menjadi band dengan rilisan fisik terbanyak di Yogyakarta atau bahkan Indonesia?
Indra Menus: Gak pernah mengklaim itu sih tapi monggo bisa cek mana band yang sudah merilis lebih dari 250 rilisan karena terakhir aku ngitung rilisan To Die itu sekitar 250an di tahun 2017 

R: Kalau dari POV saya we never know.

Oiya, kenapa dirilis di banyak format? Seperti, kaset, lathe cut, CD-R, CD, mini CD, dll.
Indra Menus: Dulu tu To Die sering rilis split album atau kompilasi bareng band dari luar Indonesia, terus band – band atau label luar yang ngerilis split nya itu ada yang lebih milih merilis dalam format tertentu yang emang lebih populer disana. Dalam beberapa kasus, ada label yang punya spesialisasi format rilisan tertentu misalnya business card atau lathe cut gitu ya udah nurut aja mereka mau rilisnya apa. Terus biar rilisan luar tadi lebih mudah & murah diakses disini, biasanya aku bikin versi Indonesia-nya via label ku, Relamati Records, dalam format CD-R atau kaset. Kadang ada juga orang yang beli satu album dalam format yang berbeda 

R: Kalau menurut saya, kenapa? Biar bisa jadi barang koleksi yang menarik kalo formatnya beda-beda.

Gambar: Lemarikota Webzine

Belum lagi kemarin ada kolaborasi dengan brand minuman.
R: Kalau brand minuman support temen sih.

Jono: Betul, Crimson. Ide dadakan sebelum berangkat tour, H- berapa begitu, tiap harinya lagi nongkrong sama yang punya Crimson, teman sendiri juga. Ngeliat temen2 To Die, suka minum, kecuali Menus ya minumnya Teh Hangat haha! Bertiga aku, Rangga, Bagus sering nongkrong dan ditemenin Crimson, jadi aku kepikiran kenapa ngga kolaborasi saja saling support waktu tour. Deal! 

Soal tour kemarin emang di konsep bawain lagu di EP terbaru saja ya? Nanggung, moshpit udah mulai kebakar tiba-tiba udah selesai aja. Ada alasan khusus mungkin?
Indra Menus: Konsep tour kemaren emang begitu, karena promo tour EP nya jadi yang dibawain hanya materi 4 lagu yang di EP tadi aja + 1 intro. Seneng aja nge-prank crowd yang slow burning, yang pas awal band main tapi diem aja terus pas lagu terakhir baru pada moshing eee udah habis aja set-nya hahaha. Alasan lain masalah stamina sih. Tour panjang dan teriak seperti itu bukan urusan mudah buatku sementara aku pengen kasih performa yang terbaik. Saat ini menurutku set 5 lagu itu adalah energi paling maksimal yang bisa aku berikan di panggung dengan masih menyisakan tenaga yang cukup untuk melanjutkan perjalanan ke kota selanjutnya. Gak lucu kan kalo baru jalan beberapa kota udah kehabisan suara atau sakit gitu malah ngerepotin yang lain. Bisa jadi nanti nambah lagu sih, kalo kuat 

J: Iya begitu haha, nanggung tapi seru. Serunya selama tour bisa jadi kejutan di kota kota yang akan dituju sama seru bagaimana caranya buat mikirin bikin apa yang bisa buat lama durasi, akhirnya di tiap kota ada improvisasi yang berbeda beda waktu di panggung. Di Malang kita bisa agak lama, karena akhirnya bisa pakai set Noise nya Menus. Diluar itu juga sebelumnya sudah ada materi lagu yang sudah dibikin tapi karena keterbatasan waktu buat masuk studio, akhirnya di skip dan jadwal tour sudah di depan mata.

B: Hahaha, biar bikin penasaran aja, asiknya jadi becandaan dan banyak yang tanya, kok bentar? Kok Cuma gitu? Yaiyalah, grindcore kok mainnya lama, ya bentar doooong hahaha

R: Bisa dibilang begitu konsepnya, biar ada kalimat waaahhh, yaahh, laahh cepet tenan, bajilak ngene tok (gini doang)


Hal yg menarik pas tour selain bertemu teman² baru salah satunya kulineran, apakah personil To Die saat ini juga gemar kulineran seperti mas Menus? Kemarin udah nyobain kuliner apa aja? Masih aman makan apa aja kan mas mas e ini?
Indra Menus: Aku tu pasien diabetes, asam urat, hipertensi, ginjal & trigliserida yang sebulan sekali cek up di Puskesmas jadi pola makan-ku harus dijaga banget. Cuma ya kalo tour gitu hajar aja deh kecuali beberapa jenis daging kayak kambing gitu enggak, padahal babi sih tetep makan wkwkw. Di Solo tu makan banyak macem babi tapi paling unik thengkleng babi. Di Kediri tu dibawain sate babi Pakelan sama Yanche. Selama masih rutin konsumsi obat mah aman ya walaupun habis tour itu batuk pilek sama dimarahin dokter-nya sih hahaha

J: Saya ok juga sih kalau soal kuliner, selalu memikirkan, di kota yang akan dituju ada kuliner menarik apa ya? Lebih prefer ke kuliner yang underrated. Makan apa ya, lupa, banyak pokoknya, jangan lupa kuliner minuman juga ok juga selama tour! :D

B: Kalo saya emang suka makan, karena suka masak juga jadi otomatis. Kadang walaupun ga tour aja sering ngajakin mas Menus kulineran. Kadang gitu juga sering ngajakin makan Jono dan Rangga klo pas lagi bisa. Jadi, menjalankan ibadah tour itu salah satu syaratnya emang kudu kuliner buat saya hahaha. Udah lupa nyobain apa aja, harusnya kemarin sih mau kuajak nyobain Ramen matcha di malang, tapi waktunya gak cukup hehehe.

R: Kalau kulineran, saya awam sih, waktu tour kemarin yang baru pertama kali saya makan dan sebelumnya belum pernah nyoba, di Solo nyoba sosis solo, di Malang pecel mix rawon yang rasanya menurutku membingungkan, hehehe. Itu aja sih.

Trus.. nanya apa lagi ya.. Kok bingung. hehehe..

Oiya, tournya lancar jaya kan mas? setelah menyelesaikan 6 titik tour kemarin, ceritain sedikit keseruannya dong? barangkali nanti jadi pemantik teman² yg baca untuk melakukan tour
Indra Menus: Seru sih, ketemu teman lama, kawan baru. Banyak miss yang terjadi selama maen juga kayak sound out alat Noise ku yang ga keluar pas kolab sama ExD terus pengalaman pertama beberapa dari kami manggung di panggung gede ya di ExD itu. Tapi ya dibawa santai aja sebagai pengalaman biar nanti jadi pembelajaran tour selanjutnya karena ini pertama kali line up ini tour sebagai band. Yang jelas sih seneng karena jejaring antar kota masih kuat disini, tour antar kota jadi lebih mudah.
Awalnya tour itu kan gegara Afril (Extreme Decay) ngajakin aku buat maen solo Noise kolab sama ExD di showcase mereka. Terus aku bilang gimana kalo sekalian To Die aja jadi pembuka karena pas ada rencana promo tour gitu, eh disetujui. Lanjut Kediri karena Jono kebetulan juga handle gig ExD di Kediri, sekalian aja. Kemudian dapet gig di Solo dan Sukoharjo juga yang sejalan ke arah Malang. Ada beberapa kota yang nawarin lanjut tapi entar dulu deh hehehe

J: Bisa berbagi panggung bersama teman-teman di kota yang dituju adalah hal yang seru, ketemu teman-teman yang lagi ngejalanin tour juga dari beda kota, beda pulau, sama-sama lagi promo tour, promonya terlampiaskan, bekal yang dibawa (merchandise) selama tour dibeli oleh teman-teman, ikut merasakan antusias sebelum dan setelah event, dan tentunya bertambahlah koneksi antar kota lain, bertemu teman-teman baru, lama pun juga akhirnya reuni lagi. Merasakan perbedaan dimana antar kota organize event, dan secara ga langsung kami sebagai band yang main, akan menjadi arsip band yang pernah main di event kota mereka. Semacam membuat memori juga untuk masa mendatang. Bikin materi lagu-direkam-dirilis-tour-repeat. Seru bukan?
 
B: Sama seperti yang dikatakan temen-temen, tour itu pasti seru menurut saya, kita berbagi apapun sama bandmates dan sama temen-temen di kota-kota yang kita datangi. Melakukan perjalanan tour, kita secara tidak langsung membangun chemistry antar personil dan temen2 yang terlibat, itu kerasa banget sih. Semua kota seru, cuman yang paling memorable buatku ya di kota ku sendiri (Malang). Baru merasakan tour ke kota kelahiran tapi dengan band bukan dari kota kelahiran hahaha. Terus diajakin cerita-cerita sambil minum sama temen-temen di Malang, di venue, di tempat yang sama sampai larut. Jadi temen-temen To Die udah pada balik ke penginapan, tapi aku tetep tinggal di venue sampai alat loading out, sampai venue dibersihin, sampai venue dikunci, sampai panitia pada pulang semua, sampai motor yang parkir tinggal 4 motor (motor temen-temen yang lagi sama saya) sampai hampir mau adzan subuh baru balik ke penginapan hahaha.

R: Tour kemarin, sejauh ini selalu seru, mungkin kebanyakan tour pengalaman yang di dapat hampir sama, yang dapet temen dan koneksi baru, itu pasti, kalau menurut saya, yang menarik dari tour di tiap kota lebih ke perbedaan karakter pengelola gig, perbedaan karakter lingkungan dan cara pandang manusianya.

To Die, Hong!, Toast, Josnali di Sukoharjo
Saling Pandang #7
Organized by Keliling Kabupaten & Darsa Kolektif

Terakhir, To Die ada rencana mau mainin lagu² lama ngga?
Indra Menus: Komitmenku dari dulu untuk menghargai line up sebelumnya ya dengan tidak membawakan lagu dari line up sebelumnya. Setiap line up baru itu udah kayak bikin band baru sih. Sebagai konsekuensinya jenis musik yang dibawain selalu berbeda walaupun masih dalam koridor roots, character and attitude-nya Hardcore Punk.

J: Sepertinya engga, dilihat dari lineup sekarang ini dan secara materi-materi lagu, sudah beda dari materi sebelumnya, meskipun saya belum mendengarkan semua lagu lama To Die, cuman yang sekarang memang begitu beda. Dari apa yang jadi referensi sekarang di To Die, saat ini memang fokus ngolah materi yang sekarang lagi dituju semua personilnya. Seperti yang dikatakan oleh Gridlink, Grind 2.0. 

B: Saya ngikut, tapi sepertinya engga. Dan kayanya lebih menarik lagu lagu baru sih hahahaha
Peace out! :D

R: Gak tau juga, karena kebanyakan, dirombak mungkin.


Connection:
To Die
Yogyakarta, Indonesia



Posting Komentar untuk "To Die: Menghargai Line Up Sebelumnya Ya dengan Tidak Membawakan Lagu dari Line Up Sebelumnya"