Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bees: Bikin Records Label Sendiri



Photo: Fariz Ardiansyah

Bam Bang Shit unit hardcore/punk asal Sragen, Jawa Tengah. Banyak orang sering salah sebut menjadi Bambang Shit, karena di pamflet selalu salah tulis. hahaha. 2018 memutuskan menggunakan akronim BEES sampai sekarang. Tahun 2022 kemarin baru saja merilis EP lewat label mandiri yang mereka bikin sendiri bernama SMD Records. Bagaimana kabar mereka hari ini? Apakah mereka benar-benar sedang sibuk? Simak obrolan kami dengan Krisna, vokalis Bam Bang Shit.

Halo, Bees. Bagaimana kondisi hari ini?
Baik, sangat baik, semoga teman-teman leluasa dan teman-teman di luar sana juga baik-baik saja.

Sudah jarang sekali main di gigs, kesibukan apa yang sedang dikerjakan tiap personil?
Hehe, dari awal terbentuk juga sebenarnya kita jarang muncul di gigs, bahkan di kolektif yang kita naungi pada waktu itu juga sekedar muncul di pamflet tapi tidak main di gigs, ya tahun-tahun itu belum seramai gigs kolektif seperti sekarang, sekarang sedang fokus pekerjaan masing-masing, dan keluarga pastinya, udah ada yang merit juga. cukuplah setahun 1-2 gigs, buat ngobatin rasa rindu nge gigs juga, biar sekalinya main berkesan aja. Kalo keseringan takutnya jadi bosen ga sih?.

Bagaimana cara kalian untuk tetap bertemu?
Ini juga lucu sih, kita juga sebenarnya jarang kumpul dari awal terbentuk, paling kumpul pas jamming atau latihan, cuma masih lumayan sering kontak-kontak an dan berkabar kesibukan masing-masing, yang alhamdulillah band ini akhirnya terasa seperti hubungan kakak beradik, kan gitu biasanya kakak beradik jarang nongki bareng wkwkwk.

2022 Bees merilis EP "Catch Them" dalam format CD via SMD Records. Kabarnya kalian harus menggali harta karun itu dalam hardisk yang sudah lama tidak di aktifkan. Bagaimana ceritanya?
Yap, kita merilis sendiri kebetulan EP kita, bikin record label sendiri juga, karena di rasa mampu untuk merilis nya sendiri, yang tadinya buat bees tok, kemungkinan juga biar bisa bantu rilis temen-temen satu kota. Sedikit cerita nih, bees rekaman itu sekitar tahun 2013/14, ada belasan materi dan 1 lagu cover di rekam, tapi setelah itu laptop yang tadinya buat backup file mentah kena virus, yaudah deh pasrah, tapi si Ihsan, gitaris kita nemu tuh 8 file wav hasil renderan yang baru di balancing tahun 2021 kemarin, belum mixing mastering, akhirnya di otak-atik sendiri, tambal sana-sini, kita rilis 7 dari 8 lagu yang selamat di tahun 2022, yah mayan lahh dari pada ga ada kan ya wkwkwk

Total ada 7 lagu, siapa yang menulis lirik dalam EP tersebut?
Kalo lirik yang nulis tuh si mas vokalis yang sombong nya minta ampun, brengsek pula, nulis nya pendek juga lagi wkwkkwk semua dia yang nulis dia yang kasih konsep tapi persetujuan semua personil.


Senandung Emosi Para Amatir menjadi satu-satunya lagu berbahasa Indonesia. Apa yang ingin Bees sampaikan dalam lagu itu? Yang tak kalah menarik, lagu Fuck the Media dan 1312. Patut di simak.
Sebenarnya lagi nih, "sebenarnya" terus pokok e wkwkkwk, ada beberapa lagu dari belasan materi itu yang berbahasa Indonesia "tercinta", soalnya asik aja kalo pake bahasa sendiri, mudah di hafal, tapi yang selamat file nya cuma 1, cuma Senandung Emosi doang, kalo kata mas mpokalis pengen nya semua lagu bees konteks nya bisa multitafsir katanya biar bisa di bawa tetep relate sampe tahun-tahun mendatang, ya apasih kalo main hacep (baca: hardcore punk) kan pokok nya marah-marah aja biar feel nya dapet hehe, jadi lagunya bisa di artikan ataupun di orasikan kemana aja, coba deh dateng tiap bees main pasti orasinya beda-beda, tergantung isu apa yang berkembang wkwkwk


Menurut sudut pandang kalian, bagaimana perkembangan kolektif/skena yang ada di Sragen akhir-akhir ini?
Kolektif/skena di Sragen ya.... emhhhh cukup massive sih, banyak bermunculan skena-skena baru dan keren-keren dengan movement atau tujuan nya sendiri-sendiri.

Mengingat kondisi hari ini (kesibukan bekerja, jarak, dll). Apakah band yang tidak terlibat secara langsung dalam kolektif itu akan tetap didukung atau di "rasani" oleh teman-teman di kolektif? Menurutmu bagaimana? Penting ngga sih sebuah band tergabung dalam sebuah kolektif?
Bisa 50:50 kemungkinan nya kalo ini, tergantung dari sudut pandang dua belah pihak juga, bagaimana kita bisa mentolerir satu sama lain aja, trus pentingnya regenerasi dan kepercayaan, anjayyyy. Kebetulan sekarang bees tidak bernaung dengan kolektif manapun, tapi kita upayakan selalu dekat dengan kolektif kawan-kawan, membantu kolektif tidak melulu aktif di depan, bisa juga di belakang, bisa membuat media mandiri, menyediakan artwork, membuat DIY record label, atau sekedar membeli rilisan fisik teman-teman, intinya berjejaring adalah berkomunikasi dan saling support, perbedaan faham sudah biasa, tapi kalo bisa bersama-sama rasanya lebih spesial kok.


Jika teman-teman dari luar kota datang ke Sragen, jajanan/kuliner/tempat tongkrongan apa dan di mana yang akan kalian rekomendasikan?
Kuliner yang patut dicoba nasi tumpang nya dengan tempe krispi dan karak, malem nya di angkringan aja di seputaran jalan raya Sukowati sampe jalanan sepi sembari ngobrolin apapun, sederhana aja pasti asik, asal bersama teman-teman pasti seru, kalo yang ga kuat perutnya, jangan coba-coba ciu Sragen yaa hehe.


Akhir-akhir ini lagi dengerin apa?
Karena interview ini yang jawab mas vokaler, mas vokaler masih suka dengerin band-band hace dan punk rock sih, yang sering di puter Dont Try, Turnstile yang awal-awal, Wreckage, yang lama-lama standar kayak Bad Religion, Black Flag paling, tapi juga dengerin pop kok, modern reggae juga. Kalo mas guitarer kayaknya masih suka dengerin hace punk juga, mas basser suka nya dengerin rock, pop rock, kalo mas drummist kemarin sih bilang nya udah jarang dengerin yang kenceng-kenceng, emang doi suka nya dengerin yang aneh... wkwkkwk

Band Sragen yang menurut kalian "oke" dan kamu merekomendasikan band tersebut ke kami.
Yang baru rilis ada SHORTAGE dengan emotive/modern hardcore nya, ada D.O.S.A band skramzz menggerus hati yang tersakiti, trus ada band yang bagus materinya tapi ga rekaman-rekaman si UNDERLAW, ada band yang mayan sepuh dengan konsep hc/punk yang beda banget, cuma udah jarang main KELUARGA BERENGSEK. Sementara ini dulu sih.


Pertanyaan terakhir dalam interview singkat ini, apa alasan kalian tetap mempertahankan band ini?
Kenapa yaa, soalnya udah kayak kakak-adik, band ini jadi tempat stress release juga sih, juga karena band ini kita bisa berjejaring dengan teman-teman di luar sana, hahahaha.

Connection:
BE'ES
Sragen, Jawa Tengah

Musik Bees bisa di dengarkan lewat link di bawah ini ya.

Posting Komentar untuk "Bees: Bikin Records Label Sendiri"